Berita

Pelindo III Aplikasikan Sistem Pelayanan Online

Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) mulai mengaplikasikan sistem online yang praktis dan modern, dari sebelumnya sistem manual.

Sistem ini dimulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto menuturkan, dalam sistem lama, untuk mendapatkan pelayanan kepelabuhanan, para pengguna jasa harus melakukan kegiatan di beberapa tempat sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

"Jadi menimbulkan inefisiensi, demikian halnya kertas yang digunakan cukup banyak, sehingga bertentangan pula dengan program Green Port," katanya dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, di Jakarta, Rabu (1/5).

Disamping itu, lanjut Edi, sistem manual juga memerlukan biaya tinggi, mulai dari biaya kertas dan biaya cetak. "Ini juga membutuhkan banyak waktu, tenaga kurir, risiko, dan petugas arsip," kata dia.

Aplikasi anjungan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengakses anjungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan alamat : https://anjungan.perakport.co.id.

Sistem tersebut dapat memberikan kemudahan para pengguna jasa dan pihak internal Pelindo III sendiri, karena dapat diakses kapan setiap saat melalui perangkat komunikasi berbasis internet.

Penulis: KEY/WBP
Sumber:Investor Daily

sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/111206-pelindo-iii-aplikasikan-sistem-pelayanan-online.html

Penulisan: 02/05/2013 09:09:01
Modifikasi: 02/05/2013 09:09:01