Press Release

PRESS RELEASE Pelindo III Rombak Layanan Manual ke Sistem Online

PRESS RELEASE
PELINDO III ROMBAK LAYANAN MANUAL KE SISTEM ONLINE

SURABAYA ??? PT Pelindo III lakukan sebuah terobosan baru dalam kegiatan kepelabuhanan dari sistem manual menjadi sistem online yang lebih praktis dan modern, dengan melakukan launching ???aplikasi portal anjungan berbasis web???. Launcing aplikasi ini juga merupakan sebuah solusi yang tepat dan bermanfaat, khususnya dalam rangka perkembangan teknologi dunia, serta guna mewujudkan Green Port.
Pada sistem sebelumnya (lama), para pengguna jasa untuk mendapatkan pelayanan kepelabuhanan harus melakukan kegiatan di beberapa tempat, hal ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, sehngga menimbulkan inefisiensi, demikian halnya kertas yang digunakan cukup banyak, sehingga bertentangan pula dengan program Green Port.
Sistem manual tersebut sangat banyak kelemahannya, diantaranya proses pencetakan nota yang memerlukan banyak biaya (biaya kertas dan biaya cetak), membutuhkan banyak waktu, tenaga kurir, resiko, dan petugas arsip. Dengan mempertimbangkan sistem manual saat ini yang tidak efisien, dan memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa yang merupakan pelaku bisnis nasional dan internasional, maka PT Pelindo III melakukan upaya merubah sistem lama dalam kegiatan kepelabuhanan dari sistem manual menjadi sistem online yang lebih praktis dan modern yaitu melalui aplikasi anjungan, dimana aplikasi ini dimulai diterapkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Aplikasi anjungan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengakses anjungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan alamat : https://anjungan.perakport.co.id. Sistem tersebut dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa dan pihak internal Pelindo III sendiri, karena aplikasi tersebut dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui perangkat komunikasi apa saja yang mempunyai jaringan internet.
Kegiatan transaksi perbankanpun dilakukan secara host to host, yaitu sistem kerja sama antara PT. Pelindo III dengan pihak perbankan, sehingga dapat langsung melakukan transaksi perbankan oleh PT. Pelindo III. Untuk tahap pertama, PT Pelindo III bekerja sama dengan Bank Mandiri dan BRI, dan saat ini sedang ditindaklanjuti pula kerja sama dengan Bank UOB dan BNI, serta tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya akan dilaksanakan dengan beberapa bank lainnya.
Sistem aplikasi anjungan ini telah disosialisasikan kepada para pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 25 Februari 2013 lalu. Sangat banyak manfaat dari aplikasi anjungan ini yakni lebih modern, praktis, efisien, menghemat tenaga dan waktu, mengurangi resiko kehilangan dokumen, dsb.
Manajemen PT Pelindo III menyadari dalam pelaksanaan dan penerapannya nanti tidaklah semudah dan sesederhana yang dibayangkan, masih ada kendala dan keterbatasan yang akan ditemukan dalam proses pelaksanaannya, terutama dalam kaitan dengan pemahaman penggunaan aplikasi internet.
Namun hal tersebut tidaklah mengurangi semangat PT Pelindo III untuk melaksanakan aplikasi anjungan berbasis Web. Tentunya dalam hal ini, masukan, saran maupun kritikan yang konstruktif dari para pihak pengguna yang terkait dengan sistem ini sangatlah?? diharapkan?? untuk?? memperkaya?? aplikasi anjungan ini ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.


Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Nuri Trisnowati
Supervisor Humas PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak
Jl. Perak Timur 620 Surabaya
Telephone???? :?? 031 3291991-96, ext. 236
HP???????????????????????? :?? 0811370530
Fax???????????????????????? :?? 031 3293994
Email?????????????????? :?? nuri.trisnowati@gmail.com