Berita

Wujudkan Green Port, PT Pelindo III Ubah Layanan Sistem Manual Menjadi Online

SURYA Online, SURABAYA – Banyaknya kelemahan dalam sistem manual jasa pelayanan kepelabuhan membuat PT Pelindo III mengganti sistem online. Hal itu ditandai dengan launching aplikasi portal anjungan berbasis web, Rabu (1/5/2013).

“Launching aplikasi ini juga merupakan sebuah solusi yang tepat dan bermanfaat, dalam rangka perkembangan teknologi dunia, serta untuk mewujudkan Green Port,” kata Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III (Persero).

Edi menjelaskan, pada sistem manual, selama ini para pengguna jasa pelayanan kepelabuhanan harus melakukan kegiatan di beberapa tempat. Kondisi itu membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, sehingga menimbulkan inefisiensi. “Demikian halnya kertas yang digunakan cukup banyak, sehingga bertentangan pula dengan program Green Port,” jelas Edi.

Kelemahan sistem manual ini, antara lain, proses pencetakan nota yang memerlukan banyak biaya (biaya kertas dan biaya cetak), membutuhkan banyak waktu, tenaga kurir, risiko, dan petugas arsip. Dengan mempertimbangkan sistem manual saat ini yang tidak efisien, dan memberikan kemudahan kepada para pengguna jasa yang merupakan pelaku bisnis nasional dan internasional.

“Aplikasi anjungan ini dapat dilakukan dengan cara mengakses anjungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan alamat : https://anjungan.perakport.co.id. Sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa dan pihak internal Pelindo III sendiri, karena aplikasi tersebut dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan melalui perangkat komunikasi apa saja yang mempunyai jaringan internet,” jelas Edi.

Kegiatan transaksi perbankanpun dilakukan secara host to host, yaitu sistem kerja sama antara PT. Pelindo III dengan pihak perbankan, sehingga dapat langsung melakukan transaksi perbankan oleh PT. Pelindo III. Sistem aplikasi anjungan ini telah disosialisasikan kepada para pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 25 Februari 2013 lalu. Sangat banyak manfaat dari aplikasi anjungan ini yakni lebih modern, praktis, efisien, menghemat tenaga dan waktu, mengurangi risiko kehilangan dokumen.

Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto dalam sambutannya, mengatakan bahwa manajemen PT Pelindo III menyadari dalam pelaksanaan dan penerapannya nanti tidaklah semudah dan sesederhana yang dibayangkan.”Pasti  masih ada kendala dan keterbatasan yang akan ditemukan dalam proses pelaksanaannya, terutama dalam kaitan dengan pemahaman penggunaan aplikasi internet,” kata Djarwo.

Berita Selengkapnya Klik di Sini »

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/
- See more at: http://surabaya.tribunnews.com/2013/05/01/wujudkan-green-port-pt-pelindo-iii-ubah-layanan-sistem-manual-menjadi-online#sthash.hKsljtZs.dpuf

sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2013/05/01/wujudkan-green-port-pt-pelindo-iii-ubah-layanan-sistem-manual-menjadi-online

Penulisan: 02/05/2013 09:13:28
Modifikasi: 02/05/2013 09:13:28